BUDIDAYA CACING SUTRA dan KUTU AIR

setelah memperhatikan cukup lama pada Kolam Azolla, kita ternyata dapat membudidaya Cacing Sutra dan Kutu Air pada Kolam Azolla.Sehingga ini bisa menjadi salah satu solusi PAKAN ALAMI yang baik untuk BudidayaIkan Skala Pembenihan. Adapun cara membudidayakannya ada 2 (dua) langkah, yaitu:
Membudidayakan Azolla pada Kolam Khusus Azolla, TANPA ikan.
Membudidayakan Cacing Sutra dan Kutu Air di dalam Kolam Azolla.

MEMBUAT KOLAM AZOLLA
Membuat Kolam Azolla hampir sama dengan pembuatan Kolam Ikan skala Pembenihan. Ukuran kolam bisa disesuaikan, ketinggiannya juga begitu. Misalnya:luas kolam 2mtr x 5mtr x 50 cm. Tebarkan Planter Kolam pada dasar kolam dengan memasukkan bahan baku sebagai berikut:
Kotoran Hewan (Kohe) Kambing/Kohe Sapi/Kohe Ayam
Jerami Padi
Batang Pisang.
Perbandingannya bisa dengan skala 3:2:1. Ketinggiannya cukup 1/3 tinggi air kolam.
Seluruh bahan baku ini harus sudah yang matang, tidak berbau, dan busuk. Sehingga proses pelepasan c/n organiknya sudah tidak menimbulkan panas lagi pada air kolam. Jangan lupa siramkan probiotik sesuai aturan standard untuk mempercepat proses pelapukan dan penguraian unsur hara pada bahan baku yang ditebarkan.
Setelah air kolam menjadi subur, tebarkan benih azolla microphylla.

BUDIDAYA CACING SUTRA dan KUTU AIR
Setelah seluruh bahan baku yang ditebarkan pada Kolam Azolla tersebut matang (biasanya kalau bahan bakunya sudah matang, cukup membiarkan kolam tersebut satu minggu saja). Biarkan selama 1,5 bulan. Sehingga Azolla Microphylla memenuhi semua permukaan kolam.
Setelah 1,5 bulan biasanya sudah penuh sekali Kolam tersebut dengan Kutu Air dan sebagian kecil Cacing Sutra (biasanya ini muncul sendiri dari seluruh bahan baku yang dimasukkan, ada telur-telur cacing sutra yang menempel pada jerami padi).
Nah, setelah itu, tebar benih Cacing Sutra. Maka dalam 1,5 bulan kemudian, kita akan bisa memanen cacing sutranya. Untuk Kutu airnya, kita bisa langsung berikan kepada benih ikan dengan memindahkan air kolam yang penuh kutu air itu ke dalam kolam-kolam pendederan.
Tips and Trik:
Untuk mendapatkan Benih Cacing Sutra yang banyak, ada cara yang cukup baik yang sudah saya terapkan pada Selaras Farm di tempat kami. Setiap kali kami membeli Cacing Sutra kepada Penjual Cacing Sutra, kami meminta juga lumpur bekas cacing sutra dari penjual casut. Biasanya lumpur tersebut sudah dipisahkan casutnya oleh penjual casut dan dibuang oleh mereka. Nah, minta lumpur itu pada tempat yang terpisah dari casut yang kita beli. Kemudian lumpur itu tebarkan juga pada kolam azolla. Nanti dari lumpur-lumpur itu akan keluar banyak sekali casut karena sesungguhnya di lumpur itu masih banyak sekali telur casut yang belum menetas atau masih ada sedikit casut yang tertinggal.
Share on Google Plus

About Zulfah Atif azizah

    Blogger Comment
    Facebook Comment