Mengenal Lebih Dekat Jenis Jenis Kelinci Anggora

Kelinci angora adalah varietas kelinci yang memiliki ciri berbulu tebal dan lebat. Biasanya dibudidayakan untuk diambil bulu atau wool-nya. Bulu kelinci angora dikenal karena teksturnya yang halus dan lembut. Jenis kelinci ini diketahui berasal dari Ankara, Turki. Daerah ini dikenal juga sebagai tempat asal kucing angora dan kambing angora.
Bisnis wool kelinci angora berkembang di negara-negara beriklim dingin seperti Eropa dan Amerika. Bulu kelinci angora dipanen setiap 4-5 bulan sekali dengan cara dicukur atau dicabut. Metode pancabutan bulu kelinci menjadi kontroversi para pecinta binatang karena dianggap menyakiti satwa. Di Indonesia, kelinci anggora banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan.

Jenis-jenis kelinci angora

Ada beberapa jenis kelinci anggora yang populer di Indonesia, yaitu angora Inggris, angora Perancis, angora giant, dan angora satin. Ada juga hasil silangan lain yang kurang populer seperti angora Jerman, angora Korsel dan angora Swiss. Selain itu banyak para breeder yang mengawinkan kelinci angora dengan ras lain sehingga melahirkan banyak varian hasil silangan.

a. Angora Inggris


Angora Inggris merupakan jenis yang paling kecil dibanding kelinci angora lainnya. Bobot tubuh kelinci dewasa sekitar 2,3 – 3,2 kg. Angora Inggris jenis yang paling favorit sebagai hewan pertunjukan. Bulunya tebal dan tumbuh hingga ke telinga dan muka. Angora Inggris memerlukan perawatan harian yang intensif. Tidak dianjurkan bagi pemelihara hewan pemula. Bulu-bulunya yang panjang dan halus mudah kusut dan harus rutin dibersihkan karena mudah rontok.

kelinci Anggora yang cantik dan lucu ini berasal dari Kota Ankara Turki.Kota Ankara pada jaman dahulu kala bernama Anggora.Kelinci Anggora terkenal memiliki bulu yang halus dan lebat jenis kelinci ini memang diburu para penghobi untuk dijadikan bintang peliharaan.Kelinci Anggora sendiri dibagi menjadi 4 varian menurut pengakuan ARBA atau American Rabbit Breeders.Diantara 4 varian tersebut memang jenis kelinci anggora Inggris memang menjadi pilihan utama untuk dijadikan bintang ternak maupun peliharaan.
Menurut varietas yang diterima ARBA Kelinci Anggora Inggris memiliki ruby-mata putih (ruby eye white),menunjuk putih (pointed white),diri sendiri (self),teduh (shaded),agouti,patah (broken).Kelinci jenis Anggora Inggris ini rata-rata memiliki berat 2,0-3,5 kg (4,4-7,7 lb).Pengen mengenal lebih jauh kelinci anggora Inggris mari kita simak ulasan berikut ini :


KELINCI ANGGORA INGGRIS (ANGORA RABBIT BREEDS BRITISH)

Sebelum tahun 1939 ada satu jenis dari “wooler anggora” pada tahun 1939 direklasifikasi kembali oleh ARBA “Anggora wooler” dimasukkan kedalam type Inggris dan Type Prancis.ARBA sendiri mencatat ada beberapa jenis kelinci anggora inggris yakni Rubi-eye White Angora Rabbit,Self Angora English Rabbit,Pointed White Anggora English Rabbit,Shaded Anggora English Rabbit,Agouti Anggora English Rabbit dan Broken Anggora English Rabbit.

Jika anda benar-benar mencermati Kelinci Anggora Inggris banyak ditumbuhi bulu sampai kebagian mata dan juga telinga.Sedangkan untuk kelinci anggora perancis ditumbuhi bulu hanya pada bagian badan saja.Kelinci anggora inggris sangat lembut dan lucu,bulu mereka sangatlah banyak dan halus maka perlu perhatian khusus pada bulunya paling tidak anda harus menyisirnya 2 kali dalam seminggu.

Seperti yang anda ketahui kelinci anggora inggris merupakan jenis kelinci paling terkecil dibandingkan dengan jenis kelinci lainnya yang diakui ARBA.Kelinci ini cenderung dijadikan sebagai binatang peliharaan.sebab fitur wajah yang hampir mirip dengan anjing menambah daya tarik tersendiri untuk memeliharanya.Tekstur bulu kelinci anggora sangatlah lembut maka diperlukan perawatan yang lebih untuk menjaganya.


b. Anggora Perancis

Angora perancis memiliki bobot tubuh sekitar 3,4 – 4,8 kg. Bulunya tumbuh panjang dan pertumbuhan bulunya cepat. Angora Perancis memiliki warna bulu yang beragam. Perawatan kelinci angora perancis tidak sintensif angora inggris. Cocok untuk dipelihara sebagai binatang kesayangan untuk pemula.

c. Anggora Giant

Angora giant merupakan hasil silangan angora dengan flemish giant. Seperti namanya angora giant memiliki tubuh paling bongsor, kelinci dewasa bisa mencapai 5 kg. Warna bulunya putih, jenis ini menjadi pilhan favorit untuk diambil wool-nya. Karena badannya yang besar, hasil panen wool-nya lebih tinggi dibanding jenis lain. Bulunya tidak mudah rontok sehingga untuk memanennya perlu dicukur.

d. Anggora Satin

Angora satin memiliki bobot sekitar 3 – 4,3 kg, dipelihara untuk diambil wool-nya. Kelinci angora satin memiliki berbagai variasi warna. Jenis wool-nya disukai kalangan industri karena mudah dipintal.

TIPS MERAWAT dan MENJAGA BULU KELINCI ANGGORA AGAR TETAP HALUS


1. Menjaga Kebersihan Kandang
Kandang adalah tempat kelinci menghabiskan seperuh hidupnya didalam kandang.Maka anda harus selalu memperhatikan kebersihan kandang.Usahakan selalu bersihkan kandang setiap hari agar kotoran bisa hilang.

2. Blow – Up
Apa itu Blow-up ? yaitu meniup bulu kelinci menggunakan blower apabila tidak punya bisa menggunakan hair dryer tapi pakai yang dinginnya.Apabila anda ingin mendapatkan hasil maksimal silahkan disisir terlebih dahulu terus di blow –up kemudian dikasih bedak kemudian di blow –up lagi.Ingat pastikan jangan ada bedak yang tertinggal lakukan denganbersih.

3. Menyisir Bulu Kelinci Anggora

Lakukan penyisiran bulu secara teratur.Gunakan sisir khusus kelinci hias.Ada beberapa jenis sisir usahakan beli sisir yang mempunyai kerapatan yang berbeda.Sesuaikan dengan kelinci anda.Lakukan penyisisran minimal 2 kali sehari.

4. Jangan letakkan Kelinci Pada Lingkungan Yang Lembab dan Basah
Apabila anda sering bermain dengan kelinci dihalaman jangan dilakukan pada musim hujan.Karena tempat yang lembab dan basah akan membuat bulu kelinci menjadi kototr dan terlihat kusut itu disebabkan karena air dan kotoran menempel pada bulu kelinci.

5. Hindarkan Pada Tempat Terlalu Panas
Cuaca yang terlalu panas akan membuat bulu kelinci mudah rontok.Maka usahakan meletakkan kelinci dengan suhu yang sedang.

6. Makanan mengandung Vitamin E
Berilah kelinci dengan makanan yang banyak mengandung vitamin E.Vitamin ini banyak terdapat pada pakan kering (rabbit pellet) dan sayur-sayuran.

7. Salon Khusus
Apabila kelinci anda dalam keadaan kotor banget dan anda tidak mampu membersihkannya segera bawa ke salon.Usahakan salon tersebut benar-benar ahli dalam menangani bulu kelinci anggora maupun kelinci hias.Mengingat harga kelinci hias cukup lumayan memang diperlukan perawatan yang ekstra


 



Perawatan kelinci angora

Kelinci angora termasuk jenis hewan yang jinak dan tidak terlalu lincah dibanding jenis kelinci lainnya. Bulunya yang lebat dan panjang menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan hewan peliharaan. Memelihara kelinci angora butuh ketelatenan terutama menyangkut kebersihan bulu-bulunya. Hal-hal utama yang prlu diperhatikan dalam merawat kelinci angora antara lain:

Makanan

Meskipun secara alamiah kelinci pemakan hijauan, untuk memelihara kelinci angora sebaiknya menggunakan pakan pelet atau pakan pabrikan. Biasanya pakan pabrik telah mengandung nutrisi yang seimbang untuk menjamin pertumbuhan kelinci dan bulu-bulunya yang indah. Sesekali bisa juga dihidangkan hijauan seperti sayuran. Hijauan yang diberikan hendaknya dilayukan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya. Sayuran segar yang masih mengandung kadar air tinggi dikhawatirkan akan membuat kembung atau mencret.
Sayuran sebaiknya diberikan sesekali saja, misalnya 2-3 kali dalam seminggu. Buah-buahan dan jenis sayuran berserat tinggi seperti bunga kol, kubis dan brokoli bisa membuat gangguan pencernaan dan diare. Pada kelinci angora sayuran tersebut bida juga merusak kualitas bulu. Kelinci menyukai wortel karena sayuran ini hanya sedikit mengandung air. Pemberian wotel sebaiknya dilakukan sesekali saja sebagai “hadiah”.
Untuk menjaga kualitas bulu, kelinci angora biasanya diberi makan jerami kering. Jerami bisa menjaga penyumbatan internal dalam rambut (wool block). Selain itu, kita juga bisa memberikan tablet pepaya atau vitamin lainnya untuk mencegah wool block.

Kebersihan

Merawat kelinci angora memerlukan perhatian lebih dibanding kelinci berbulu pendek. Kebersihan bulu harus benar-benar diperhatikan. Bulu-bulu yang panjang harus sering disisir agar tidak kusut. Bulu yang rontok harus dipisahkan. Kandang kelinci harus kering, tidak lembab. Penampung feses dan urin harus dibersihkan setiap hari. Ada beberapa tipe kandang kelinci untuk budidaya secara massal, silahkan lihat tipe-tipe kandang kelinci.
Kelinci angora yang telah dewasa bisa dimandikan, namun proses memandikan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Memandikan hendaknya di pagi hari yang cerah. Siapkan dua wadah air hangat sebagai tempat memandikan dan bilas. Gunakan samphoo khusus kelinci atau bila tidak ada bisa menggunakan samphoo untuk kucing. Siapkan juga handuk kering dan kalau memungkinkan hair dryer. Keringkan segera setelah kelinci selesai dimandikan dengan handuk dan hair dryer. Bila memungkinkan jemur sebentar dengan matahari pagi. Jangan terlalu lama membiarkan kelinci berada di dalam air.

Kesehatan

Tidak banyak gangguan kesehatan dalam memelihara kelinci. Bisanya kelinci sakit karena perut kembung atau mencret. Kedua hal tersebut bisa menyebabkan kematian. Penyakit lain yang mungkin adalah rabies, penyakit ini bisa menular ke hewan lain atau manusia. Ciri-cirinya ada bintik-bintik putih di telinga bagian dalam.

Reproduksi


Masa hamil kelinci angora berikisar 30 hari, bisa melahirkan banyak anak sekaligus seperti jenis kelinci lain. Sebaiknya tidak menyatukan kelinci jantan dengan yang lain kecuali untuk kepentingan pembibitan (perkawinan). Kelinci jantan dewasa yang disatukan dalam satu kandang bisa bertarung. Bahkan bila disatukan dengan anak kelinci atau kelinci muda bisa bertarung hingga mati. Kelinci angora bisa bertahan hidup hingga 10 tahun, bahkan bisa lebih bila perawatannya baik.

Referensi: 
Alam Tani : http://alamtani.com/kelinci-angora.html 
Lintas Ternak : http://lintasternak.nyimuetz.com/2015/09/mengenal-lebih-jauh-kelinci-anggora-inggris.html
Share on Google Plus

About Zulfah Atif azizah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment