Pengertian Azolla

Azolla merupakan satu-satunya genus dari paku air mengapung suku Azollaceae. Terdapat tujuh spesies yang termasuk dalam genus ini. Suku Azollaceae sekarang dianjurkan untuk digabungkan ke dalam suku Salviniaceae, berdasarkan kajian morfologi dan molekular dari Smith et al. (2006) (lihat artikel tumbuhan paku).

Azolla dikenal mampu bersimbiosis dengan bakteri biru-hijau Anabaena azollae dan mengikat nitrogen langsung dari udara. Potensi ini membuat Azolla digunakan sebagai pupuk hijau baik di lahan sawah maupun lahan kering. Pada kondisi optimal Azolla akan tumbuh baik dengan laju pertumbuhan 35% tiap hari Nilai nutrisi Azolla mengandung kadar protein tinggi antara 24-30%. Kandungan asam amino essensialnya, terutama lisin 0,42% lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrat jagung, dedak, dan beras pecah (Arifin, 1996) dalam Akrimin 2002.

Tanaman Azolla Sp. memang sudah tidak diragukan lagi konstribusinya dalam memengaruhi peningkatan tanaman padi. Hal ini telah dibuktikan dibeberpa tempat dan beberapa negara. Konstribusi terbesar azolla adalah dengan menjaga hasil panen tetap tinggi. Meskipun penggunaannya sebagai pupuk hijau pada tanaman padi masih dilakukan di China dan Vietnam, dengan adanya peningkatan biaya tenaga kerja, membuatnya kurang diminati.
Meskipun demikian, seiring dengan perkembangan pupuk hijau, penggunaan azolla ini kini lebih banyak dimanfaatkan untuk budidaya perikanan. Dengan adanya mindazbesi yang menggabungkan mina padi dengan azolla, selain menjadikannya sebagai pakan perikanan juga konstribusi dapat digunakan untuk peningkatan produksi padi.











Azolla caroliniana
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Salviniales
Famili: Salviniaceae
Genus: Azolla
 
Jenis

Terdapat tujuh jenis Azolla:
Asia
  • Azolla japonica Franch. & Sav. dari Jepang
  • A. filiculoides Lam.
  • A. pinnata R. Br. dari Asia Tenggara, juga dari Afrika
Afrika
  • A. nilotica Dcne. ex Mett.
Amerika
  • A. caroliniana Willd., dari Amerika Utara
  • A. mexicana Presl., dari Meksiko
  • A. microphylla Kaulf.
First
5 Komentar
avatar

Mantap gan, saya mau tanya kalau perbandingan pupuk kandang sama tanah brapa ukurannya ...

Balas
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
avatar

sebaiknya gunakan pupuk kandang saja, saya biasa menggunakan pupuk kandang sekitar 1 karung untuk kolam ukuran kurang lebih 3 x 4, nanti lama kelamaan pupuk akan hancur menjadi lumpur jadi tidak perlu pakai tanah, kemudian setelah air jernih ( biasannya pada saat musim hujan karena air sering meluap air akan menjadi bening atau pupuk / inti sari pupuk hanyut karena air yang meluap bisa kita tambah pupuk kandang lagi)

Balas
avatar

Apakah azolla bisa di gunakan untuk tambahan pakan ternak seperti kambing / sapi?jika bisa bagaimana cara mengolahnya...

Balas
avatar

bisa, untuk cara memberikan bisa langsung basah diberikan atau di campur apas tahu

Balas

Comment