Jenis Jenis Ayam Kalkun dan Azolla Microphylla Makanan Alternatif Ayam Kalkun

KALKUN JENIS BRONZE
Jenis Jenis Ayam Kalkun
Jenis Ayam Kalkun (Turkey) dibedakan berdasarkan warna bulunya. Menurut standar APA (American Poultry Association) untuk kategori turkey / ayam kalkun dibedakan menjadi 8 Varietas, namun tidak tertutup kemungkinan muncul varietas varietas baru yang dihasilkan dari perkawinan silang antar varietas. Berikut kami berikan gambar tentang jenis-jenis kalkun:
Keexotisan warna perunggu yang mengkilap terutama pada bulu-bulu dada. Dari sekian banyak jenis kalkun, kalkun jenis bronze paling mudah kita temui.


Jenis kalkun narragansett mempunyai warna bulu hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Seperti jenis bronze hanya saja bulu abu-abu menggantikan warna perunggu di bagian dadanya. Kalkun jenis narragansett agak sukar ditemukan, populasinya tidak sebanyak jenis bronze
KALKUN JENIS NARRAGANSETT
KALKUN JENIS NARRAGANSETT
Jenis kalkun narragansett mempunyai warna bulu hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Seperti jenis bronze hanya saja bulu abu-abu menggantikan warna perunggu di bagian dadanya. Kalkun jenis narragansett agak sukar ditemukan, populasinya tidak sebanyak jenis bronze.


KALKUN JENIS BOURBON RED
KALKUN JENIS BOURBON RED
KALKUN JENIS BOURBON RED
Berasal dari Bourbon Country Kentucky, mempunyai warna merah khas yang di padu dengan warna putih atau coklat muda pada sayap dan ekor. Jenis kalkun Bourbon red pada saat ini sedang banyak dicari, keindahan warna membuat jenis kalkun ini menjadi mahal. Perubahan warna bisa dimungkinkan karena perkawinan silang seperti coklat muda (kopi susu), atau coklat pekat tanpa warna putih pada sayap & ekor.

KALKUN JENIS BELTSVILLE SMALL WHITE
KALKUN JENIS BELTSVILLE SMALL WHITE
Baca juga :
Pengertian Azolla Microphylla
Manfaat Azolla Microphylla

Cara budidaya / cara mengembangkan Azolla Microphylla
Video Azolla Microphylla

KALKUN JENIS BELTSVILLE SMALL WHITE
Mungkin karena kalkun ini dikembangkan di Beltsville Agricultural Research Center (Maryland) dan memiliki ukuran kecil dibanding jenis kalkun lainnya dan memiliki bulu putih mulus (albino) sehingga dinamai Beltsville Small White. Jenis Kalkun ini banyak kita jumpai di Indonesia.


KALKUN JENIS BLUE SLATE
KALKUN JENIS BLUE SLATE
KALKUN JENIS BLUE SLATE
Kalkun jenis blue slate ini belum pernah saya lihat di daerah jawa, bulu khas abu-abu kemungkinan perkawinan antara hitam dan putih. Ada juga yang menyebutnya Kalkun


KALKUN JENIS WHITE HOLAND
KALKUN JENIS WHITE HOLAND
KALKUN JENIS WHITE HOLAND
Sama sama memiliki bulu putih mulus seperti jenis Beltsville small white, hanya ukuran/beratnya saja yang beda. Dari wikipedia disebutkan bahwa jenis kalkun white holand dihasilkan dari silangan Kalkun jenis Bronze dengan Kalkun jenis Broad Breasted White
  
KALKUN JENIS ROYAL PALM
KALKUN JENIS ROYAL PALM
Sangat indah di pandang, dan lebih disenangi oleh wanita. Keanggunan kombinasi warna putih dan hitam yang sangat sempurna. Jenis kalkun royal palm masih banyak kita jumpai di Indonesia, meskipun kadang-kadang kualitas warna sudah tidak asli karena gradasi yang disebabkan perkawinan silang. Di negara Amerika, jenis royal palm tidak dikembangkan sebagai kalkun pedaging, hanya beberapa yang mengembangkan dalam skala kecil sebagai kalkun hias yang diperlombakan. 
KALKUN JENIS BLACK SPANISH
KALKUN JENIS BLACK SPANISH
KALKUN JENIS BLACK SPANISH
Dengan waran bulu semuanya hitam. Jenis Black Spanish / Norfolk Black adalah kalkun yang berasal dari Eropa. Dalam perkembangannya terdapat beberapa jenis kalkun hitam dengan perbedaan warna hitamnya seperti Hitam Dop, Hitam Mengkilap (metalic), dan kobinasi antara hitam dengan ekor putih.

KALKUN JENIS OCCELLATED
KALKUN JENIS OCCELLATED
Yang terakhir ini tidak masuk kedalam jenis kalkun menurut APA. Entah kenapa, mungkin karena ukuran yang tidak terlalu besar. KALKUN JENIS OCCELLATED
yang berasal dari daerah Yucatan Peninsula. Entah apa hubungannya dengan merak, namun bulu-bulunya persis seperti burung merak dengan warna hijau perunggu metalic.


Meramu makanan untuk kalkun dengan azolla microphylla 

Kalkun adalah jenis unggas pemakan sayuran,,tetapi mungkin karena lama "berteman" dengan ayam lokal atau sejak kecil di "asuh" oleh "masyarakat lokal" ayam kampung, merekapun mulai menyesuaikan jenis makanan yang "dikonsumsi" ayam lokal seperti dedak,nasi,jagung dan lain-lain, akan tetapi selera konsumsi sayur mereka gak hilang kok, apalagi kalau dibiasakan diberi makanan variasi. Cara membuat pakan variasi cukup mudah yaitu sayuran atau daun (sawi,kangkung, azolla micropylla, daun pepaya, daun singkong, lamtoro dll) "dirajang" kemudian di campur dengan dedak atau konsentrat. Jika ingin lebih murah dan awet kita bisa membuat kombinasi fermentasi daun kaya protein yang dikeringkan seperti daun singkong, turi, lamtoro, ganggang azolla microphylla, pepaya dsb. dicampur dedak, dengan perbandingan 30%:70%.



Share on Google Plus

About muhamad syaiful anam

    Blogger Comment
    Facebook Comment