Azolla Pabrik Pupuk Dan Pabrik Protein

Bagi para dunia pertanian (perikanan, peternakan, perkebunan), tentunya tidak asing dengan tanaman Azolla yang punya banyak manfaat. Kandungan proteinnya mencapai 30%; bagus sebagai pakal alternatif untuk hewan ternak (bebek, kambing, kelinci, sapi, ayam, dll) maupun budidaya perikanan (nila, mujair, gurami, patin, lele, bahkan koi).
Untuk sumber pupuk alami (asupan Nitrogen) juga bagus, karena Azolla bila dihitung dari berat keringnya dalam bentuk kompos (azolla kering) mengandung unsur Nitrogen (N) 3 - 5 persen, Phosphor (P) 0,5 - 0,9 persen dan Kalium (K) 2 - 4,5 persen. Sedangkan hara mikro-nya berupa Calsium (Ca) 0,4 - 1 persen, Magnesium (Mg) 0,5 - 0,6 persen, Ferum (Fe) 0,06 - 0,26 persen dan Mangaan (Mn) 0,11 - 0,16 persen.
Berdasarkan komposisi kimia tersebut, bila digunakan untuk pupuk mempertahankan kesuburan tanah, setiap hektar areal memerlukan azolla sejumlah 20 ton dalam bentuk segar, atau 6-7 ton berupa kompos (kadar air 15 persen) atau sekitar 1 ton dalam keadaan kering. Bila azolla diberikan secara rutin setiap musim tanam, maka suatu saat tanah itu tidak memerlukan pupuk buatan lagi. Pertanian organik, dapat dilakukan tanpa biaya yang mahal sehingga harga jual hasil organik juga dapat bersaing dan mampu dijangkau masyarakat secara luas.

Keunggulan AZOLLA:
1. Sumber nutrisi dan pupuk untuk dunia pertanian secara umum (dapat digunakan pada semua produk pertanian).
2. Mudah pemeliharaan dan perawatannya.
3. Cepat pertumbuhannya
4. Dapat memaksimalkan penggunaan lahan, karena Azolla dapat dikembangkan pada tempat yang kurang produktif (misal di bawah naungan pohon besar, maupun lahan tandus / berpasir). Caranya, dengan membuat kolam terpal dengan kedalaman cukup 20 cm.
5. Dapat dikeringkan dengan cara sederhana dan dapat disimpan untuk persediaan tanpa mengurangi kandungan nutrisinya.




Aplikasi:
1. Azolla segar / kering dapat langsung digunakan untuk pupuk pertanian, dengan cara ditaburkan di sekeliling / sistem perakaran tanaman.
2. Azolla segar / kering dapat langsung diberikan ke hewan ternak (ikan, unggas, mamalia) atau dicampurkan pada bahan pakan lainnya.

Contoh budidaya pada lahan sempit dengan memanfaatkan media yang ada di sekitar kita (baskom / bak bekas / aquarium bekas):

Catatan: Pada kolam / wadah budidaya sebaiknya diberi ikan kecil (misal ikan guppy) agar tidak dijadikan sarang nyamuk.

Harga bibit Azolla, kondisi sehat dan segar Rp. 30.000 / paket (berat 0,5 kg).
Pengiriman disarankan dengan paket pengiriman sehari sampai; karena Azolla dalam ruang gelap / tertutup (packing) untuk mempertahankan kondisi tetap prima maksimal 24 jam. Setelah itu, kondisinya akan menurun (berdasarkan pengalaman, 4 hari dalam ruang tertutup Azolla sebagian besar mati). Azolla merupakan jenis tanaman paku-pakuan yang bereproduksi dengan menghasilkan spora. Meskipun kondisi tanaman kering, secara umum saat ditebar di kolam masih ada harapan spora-nya akan dapat tumbuh dan berkembang.

Informasi bibit azolla hubungi 08562571577
Share on Google Plus

About Zulfah Atif azizah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. mas mau tanya disini jual kompos azollanya ngak??

    ReplyDelete