Membuat Sendiri Pupuk Cair dan Kompos dari Azolla Microphylla

Membuat Sendiri Pupuk Cair dan Kompos dari Azolla Microphylla

Salam sahabat Azolla Magelang, sudah agak lama tidak posting tentang azolla microphylla, kali ini kita akan belajar bersama bagaimana membuat sendiri pupuk cair dan kompos dari Azolla Microphylla .
pada kesempatan kali ini kami mencoba memposting informasi tentang memanfaatkan Azolla Microphylla sebagai pupuk tanaman, kali ini saya pengen share hasil pembuatannya. Beberapa minggu lalu saya sudah mencoba membuat POC (Pupuk Organik Cair) dan kompos dari Azolla Microphylla, dan ternyata berhasil juga. Pupuk ini memang belum saya uji ke tanaman, baru akan uji coba besok, insyaAllaah.
Pupuk dari Azolla Microphylla ini katanya memiliki kandungan yang lebih baik dan lebih lengkap daripada kompos hijau (kompos dapur atau sampah halaman) atau POC biasa. Kelebihan lainnya adalah ketersediaan bahan utama yaitu Azolla yang cukup banyak dan cepat penyebarannya, begitu juga waktu panen pupuk yang relatif lebih cepat dibanding kompos biasa. Kalau kompos biasa perlu waktu berbulan-bulan untuk prosesnya, Azolla Microphylla ini cukup 1-2 minggu sudah bisa dipanen matang. Makanya saya antusias sekali ingin mengembangkan AzoMic ini agar lebih efektif dan ekonomis untuk berkebun di rumah, syukur-syukur bisa digali lebih banyak lagi manfaat lainnya berdasarkan referensi yang pernah saya baca. InsyaAllaah.


Pupuk dari Azzola mycrophylla ini memiliki kandungan yang lebih baik dan lebih lengkap daripada kompos hijau (kompos dapur atau sampah halaman) atau POC biasa. Kelebihan lainnya adalah ketersediaan bahan utama yaitu Azolla yang cukup banyak dan cepat penyebarannya, begitu juga waktu panen pupuk yang relatif lebih cepat dibanding kompos biasa. Kalau kompos biasa perlu waktu berbulan-bulan untuk prosesnya, Azzola mycrophylla  ini cukup 1-2 minggu sudah bisa dipanen matang.POC (Pupuk Organik Cair) AzollaSeperti POC (Pupuk Organik Cair) umumnya, membuat POC (Pupuk Organik Cair) dari Azolla ini pun caranya sama dan sangat sederhana, yaitu:

  • Campurkan Azolla Microphylla, gula merah, air, dan EM4 (cara membuat EM4 sendiri bisa di lihat disini ) atau MOL. Untuk takarannya saya pakai takaran kira-kira. EM4 nya cukup satu tutup botol atau 10cc atau 1 sendok makan.
  • Semua bahan dicampur jadi satu dan masukkan ke kotak plastik, botol, atau apa saja yang ada tutupnya (saya pakai botol bekas), Tutup rapat.
  • Diamkan selama seminggu hingga aromanya seperti aroma tape, lalu POC sudah bisa dipanen. Jangan lupa, setiap hari selalu buka-tutup tutupnya untuk melepaskan gas fermentasi.
  • Untuk memanen POC, saring cairannya dan simpan dalam botol terpisah. Sementara untuk ampas Azollanya, bisa dicampurkan ke komposter untuk membuat kompos Azolla atau bisa juga diangin-anginkan untuk ditebar ke media tanam sebagai pupuk padat.

poc azolla microphylla
POC (pupuk organik cair ) Azolla Microphylla 


POC ( Pupuk Organik Cair ) AzollaCara penggunaan: Encerkan 10 ml  POC Azzola mycrophylla dengan 1 Liter air. Siramkan ke media tanam.

Kompos AzollaBahan yang diperlukan: Azolla segar, bekatul/dedak, larutan EM4 dan gula merahCara membuat:

Tumpuk Azzola mycrophylla setebal 10cm ke dalam komposterTaburkan bekatul secara merataSemprot dengan larutan EM4 dan gula merahLalu tumpuk lagi Azolla 10cm dan ulangi lagi tahap 2 dan 3Tutup rapat komposter, diamkan selama semingguSebelum digunakan, kompos Azzola mycrophylla sebaiknya diangin-anginkan dulu sampai kering, baru bisa dicampurkan ke media tanam
Kompos Azolla Kiri: azolla yang ditaburi bekatul dan EM – Kanan: kompos azolla yang sudah kering
Kompos Azolla
Kiri: azolla yang ditaburi bekatul dan EM – Kanan: kompos azolla yang sudah kering
UPDATE Ini hasil kompos yang tanpa dijemur. Saya biarkan di komposter sampe hancur sendiri. Teksturnya remah, lembut, kayak kue sponge.

Kemarin itu saya ngeringin kompos azollanya dengan cara dijemur, jadinya keras, padat dan kering. Ternyata kurang tepat kalau dijemur katanya. Untuk berikutnya saya mau angin-anginkan saja di gudang biar teksturnya remah dan lembut. Ohya, ini saya dapat ilmu membuatnya dari teman-teman yang hobi berkebun. Jadi kalo ada yang kuliah di pertanian atau pakar pupuk dan tanaman membaca postingan ini, jangan ditertawakan yaaaa kalo salah hehe…kita hanya ingin memanfaatkan apa yang ada di sekitar dan go organic. Kalau ada yang perlu dikoreksi, silakan, biar kita juga sama-sama paham Untuk cara budidaya Azolla, bisa dibaca di postingan ini ya. Selamat mencoba!


kompos azolla microphylla
kompos azolla micropylla yang telah jadi







Share on Google Plus

About Zulfah Atif azizah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Ada jual kompos azolla nya??
    Soalnya untuk penelitian..
    Mohon bantuannya, soalnya kebutuhan kompos azolla saya kurang..
    Tolong di balas

    ReplyDelete
  2. Pagi pak, saya mhsiswa dari Bengkulu ingin penelitian dosis pupuk cair Azolla, kira2 bisa saya pesan pupuk cairnya pak ??
    Klau bisa tlg hbungi saya di nmor ini pak 082281355213

    ReplyDelete